Kisah Abu Bakar As-Shidiq Tanpa Ragu Bersedekah

Dunia Nabi ~ Khalifah Abu Bakar As-Shidiq RA, adalah sahabat Rasulullah yang terkenal gemar bersedekah. Hingga suatu hari, Rasulullah mendengar kedermawanan Abu Bakar. 

Ia pun memanggil sahabat-sahabat lainnya untuk berlomba-lomba bersedekah seperti yang dilakukan oleh Abu Bakar As-Shidiq.


Datanglah seorang sahabat yang usianya paling muda, ia menyedekahkan sebagian hartanya, sebilah pedang, dan kepandaiannya. 

“Wahai Rasulullah, aku sedekahkan sebagian harta, sebilah pedang, dan sebagian kepandaianku, katanya. Mendengar ucapan sahabat muda tersebut, Rasulullah senang sambil mengangguk-angguk kepalanya.

Setelah itu, datang sahabat yang usianya lebih tua. Ia datang tergesa-gesa dan berkata, “Wahai Rasulullah, aku sedekahkan sepertiga bagian harta yang berlimpah ruah ini untuk mendanai dakwah Islam.” Kembali Rasulullah melemparkan senyum ke arah sahabatnya itu.

Tak lama kemudian, datanglah sahabat dari suku Bani Adam, berlari tergopoh-gopoh mendekati Rasulullah dan berkata: “Wahai Rasulullah, aku sedekahkan setengah bagian dari harta kami untuk perjuangan Islam. 

Sedangkan setengahnya lagi, aku tinggalkan untuk keluarga.” Kali ini di wajah Rasulullah memancarkan kebahagiaan dengan mata yang berkaca-kaca.

Baca juga :
Orang terakhir yang mendatangi Rasulullah adalah Abu Bakar. “Wahai Rasulullah, aku sedekahkan semua hartaku tanpa terkecuali,” katanya dengan tegas. Mendengar hal itu, Rasulullah bertanya. “Wahai Abu Bakar, apa yang kau tinggalkan buat keluargamu di rumah?”  Abu Bakar menjawab dengan tersenyum. “Tidak ada yang lainnya, kecuali Allah SWT dan Rasul-Nya, di hati sanubari anak-anak dan istriku.”

“Subhanallah,” ucap Rasulullah. Ia menangis mendengar jawaban yang keluar dari mulut Abu Bakar, Allah telah memberikan Abu Bakar sifat yang sangat terpuji, yakni gemar melakukan sedekah tanpa rasa khawatir menjadi miskin atau kekurangan. Allah Maha Tahu apa yang dilakukan oleh Abu Bakar.
Hikmah Cerita :
“Bersedekahlah karena Allah, Jangan khawatir harta kita akan berkurang karena bersedekah, Allah telah menjanjikan sesuatu yang lebih dari kebaikkan yang kita lakukan.”
Oleh Nisfulail Sofi Febrina, S.Ag

loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Abu Bakar As-Shidiq Tanpa Ragu Bersedekah Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Abu Bakar As-Shidiq Tanpa Ragu Bersedekah Sebagai sumbernya

0 Response to "Kisah Abu Bakar As-Shidiq Tanpa Ragu Bersedekah"

Post a Comment

Kisah Nabi Lainnya