Kisah Rukanah bin Abdu Yazid

Dunia Nabi ~ Ketika Rasulullah SAW sedang berjalan seorang diri, tidak sengaja di jalan ia berpapasan dengan seorang pemuda bertubuh kekar, Rukanah bin Abdu Yazid. Kemudian Rasulullah menegur pemuda tersebut sambil tersenyum. 


“Wahai Rukanah, sebaiknya kamu bertaqwa kepada Allah dengan memeluk agama yang aku bawa ini!”  Rukanah menjawab dengan sombongnya. “Hai Muhammad, jika kau mampu mengalahkanku, niscaya aku akan mengikuti saranmu.

“Apakah yang kau ucapkan itu tiada keraguan?” Rasulullah balik bertanya. “Tentu tidak, aku yakin bahwa kau tidak akan mampu mengalahkanmu,” ujar pemuda itu dengan wajah angkuh. Rasulullah hanya tersenyum sambil mengangguk-angguk.

Tiba-tiba Rukanah menyerang Rasulullah dengan sekuat tenaga. Alangkah terkejutnya Rukanah, tubuhnya terlempar begitu keras dan jatuh berguling-guling beberapa langkah di hadapan Rasulullah. “Wahai Muhammad, sihir apa yang kau miliki karena selama ini aku belum pernah menghadapi orang sekuat dirimu?” katanya dengan suara yang ketakutan.

Melihat tingkah Rukanah yang ketakutan, Rasulullah dengan lembut berkata. “wahai saudaraku, sesungguhnya yang telah kamu saksikan di hadapanmu itu adalah tanda-tanda kekuasaan Allah, yang Maha Perkasa. Nah sekarang bangunlah !

Mendengar perkataan Rasulullah, Rukanah segera berdiri dan mendekati Rasulullah. “Maafkanlah atas kesombonganku yang telah meremehkan dirimu, ya Muhammad,” ujarnya.

Sambil menatap Rukanah, Rasulullah menjawab “Wahai saudaraku. Allah Swt Maha Pemaaf kepada semua makhluk ciptaan-Nya.”
Hikmah Cerita :
“Sikap sombong merupakan perbuatan yang kurang terpuji, Rukanah memiliki sikap sombong karena selama ini belum ada orang yang mengalahkan dirinya.
Akhirnya, ketika berhadapan dengan Rasulullah, Rukanah menyadari bahwa masih ada orang yang lebih kuat dari dirinya. Allah telah membuktikan keperkasaannya melalui Rasulullah SAW.”
Oleh Nisfulail Sofi Febrina, S.Ag

loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Rukanah bin Abdu Yazid Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Rukanah bin Abdu Yazid Sebagai sumbernya

0 Response to "Kisah Rukanah bin Abdu Yazid"

Post a Comment

Kisah Nabi Lainnya