Kisah Umar bin Khattab Dan Gadis Pemerah Susu

Dunia Nabi ~ Ketika Khalifah Umar bin Khattab melakukan perjalanan tidak resmi seorang diri, ia melihat seorang ibu dan anak gadisnya tengah memerah susu. Dalam jarak tidak terlalu jauh Khalifah Umar mendengar pembicaraan mereka.


“Agar untungnya lebih banyak, campuri saja susu kambing ini dengan air,” kata ibunya.

“Bagaimana kita melakukannya? Sedang Amirul Mukminin telah mengeluarkan peraturan yang melarang kita berdagang secara tidak jujur,” jawab anak gadisnya.

“Khalifah Umar toh tidak mengetahui apa yang kita lakukan?”

“Meskipun Khalifah tidak mengetahui, Allah pasti tahu,” kata gadis itu.

Baca juga :

Karena terkesan oleh kejujuran gadis itu, keesokan harinya Khalifah Umar bin Khathab menyuruh pengawal istana untuk mencari tahu tentang gadis itu.

Begitu mengetahui tentang gadis itu, karena laporan pengawalnya Khalifah Umar kemudian memanggil Ashim, putranya.

“Nikahi gadis yang jujur itu. Aku berharap, dari dia akan lahir orang besar yang akan mampu memimpin bangsa Arab ini,” kata Khalifah.

Beberapa bulan kemudian, gadis pemerah susu itu resmi menjadi menantu Khalifah Umar bin Khathab. Dari perkawinan itu maka lahir seorang anak perempuan, yang setelah dewasa dinikahi oleh Abdul Aziz bin Marwan. 

Dari pasangan itu lahir seorang anak laki-laki yang bernama Umar bin Abdul Azis. Khalifah kelima yang terkenal sangat adil dan bijaksana.

Oleh Nisfulail Sofi Febrina, S.Ag

loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Umar bin Khattab Dan Gadis Pemerah Susu Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Umar bin Khattab Dan Gadis Pemerah Susu Sebagai sumbernya

0 Response to "Kisah Umar bin Khattab Dan Gadis Pemerah Susu"

Post a Comment

Kisah Nabi Lainnya