Kisah Umar bin Khattab dan Penggembala Kambing

Dunia Nabi ~ Siang hari yang terik matahari bersinar dengan ganasnya. Pada saat itu Umar bin Khatthab RA, pergi ke Padang penggembalaan. Ia melihat ke sekitar, ada seorang anak penggembala sedang berteduh di bawah pohon kurma yag menjulang tinggi. Umar mendekati anak kecil itu  seraya bertanya.


“Hai anak muda, bolehkan aku membeli satu ekor kambing gemukmu dengan harga yang tinggi.”? Mendengar pertanyaan itu, si anak penggembala kecil itu menjawabnya dengan tegas. “Wahai orang tua, kambing-kambing ini bukan milikku, tapi adalah milik majikanku. Aku hanya diberikan amanah untuk memeliharanya dengan baik.”

Umar membujuk si penggembala lagi. “Hai anak muda, kau bisa berkata kepada majikanmu, bahwa seekor harimau telah memakan kambing itu, dan majikanmu tidak melihatnya, tentu dia akan percaya dengan perkataanmu. Kemudian, uang yang kau miliki harga kambing itu bisa kau belikan kambing lagi dan sisanya untuk kepentingan dirimu, Bukankah itu lebih menguntungkan.”

Tetapi reaksi si anak gembala ? Ia menjawab dengan tegas. “Wahai orang tua, walaupun majikanku tidak melihat perbuatan tercelaku, tapi Allah pasti mengetahuinya, semoga Allah memaafkan perkataan tuan!”.

Melihat keteguhan iman si penggembala itu, hati Umar sangat senang. Ia pun tergegas menemui majikan si penggembala untuk membebaskannya dari perbudakan. Umar juga menghadiahkan seluruh kambing yang dibelinya kepada anak pengembala tersebut.

Baca juga :

Ia mendapatkan berkah berlimpah dari Allah karena menjaga amanah atas kepercayaan yang diberikan terhadap orang lain.
Hikmah Cerita ini
“Allah Maha Mengetahui apa yang dikerjakan setiap hambanya. Si penggembala bisa menjaga amanah orang lain. Akhirnya, ia mendapatkan berkahnya dengan terbebas dari perbudakan dan mendapat hadiah yang tidak terduga nilainya”.
Oleh Nisfulail Sofi Febrina, S.Ag

loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Umar bin Khattab dan Penggembala Kambing Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Umar bin Khattab dan Penggembala Kambing Sebagai sumbernya

0 Response to "Kisah Umar bin Khattab dan Penggembala Kambing"

Post a Comment

Kisah Nabi Lainnya