Kisah Teladan Umar bin Khattab Dalam Memilih Penggantinya

Dunia Nabi ~ Sebagai seorang Khalifah, Umar bin Khattab dikenal sebagai pemimpin yang bijaksana dan adil. Ia adalah pemimpin yang berhati-hati dalam melaksanakan roda pemerintahannya. Hal itu terbukti dengan kehidupan Umar dan keluarganya yang sederhana. Dengan demikian, tidak ada kecurigaan rakyat terhadap dirinya dalam hal pengelolahan uang Negara. Semua itu dilakukan semata-mata karena rasa tanggung jawab yang besar di hadapan Allah SWT.


Jauh sebelum ia wafat, Umar telah berwasiat tentang penggantinya. Ia berwasiat agar pengganti dirinya ditunjuk berdasarkan musyawarah enam orang sahabat Rasulullah SAW, yaitu Ustman bin Affan, Ali bin Abu Thalib, Thalhah bin Ubaidilah, Zubbair bin Awwam, Saad bin Abi Waqqash, dan Abdurrahman bin Auf. Umar tidak mau langsung menunjuk seseorang sebagai penggantinya. Ia beralasan, jika Allah menghendaki kebaikan kepada kalian, Allah akan memberikan kebaikan kepada kalian (keeman orang tersebut) sebagai mana Nabimu menimbulkan kebaikan bagi kalian.

Dalam memberikan wasiat juga terlihat kehati-hatian Umar, ia tidak menunjuk Said bin Zaid (anak paman dan adik iparnya), sekalipun ia termasuk dalam sepuluh orang yang akan masuk surga. Hal itu dilakukan karena ia tidak ingin orang-orang menuduhnya memilih orang yang masih memiliki hubungan saudara.  

Umar juga meminta dalam musyawarah itu, Abdullah, anaknya, diikut sertakan. Namun, Abdullah hanya dapat memberikan saran dan tidak berhak dipilih. Pesan Umar yang lain adalah tentang imam shalat selama musyawarah berlangsung. Imam shalatnya adalah Shuhaib bin Sannan Arrumi.

Umar tidak mengikutsertakan Ubaidah bin Jarrah (orang kesepuluh yang dikabarkan masuk surga) dalam musyawarah itu karena Ubaidah telah wafat. Sementara orang yang pertama dikabarkan masuk surga adalah Abu Bakar yang juga telah wafat. Pemerintahan Umar telah memberi kesan mendalam bagi rakyat saat itu. Ia dinilai sebagai pemimpin yang adil, menghidupkan sunnah-sunnah Nabi, dan mematikan fitnah.

Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Teladan Umar bin Khattab Dalam Memilih Penggantinya Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Teladan Umar bin Khattab Dalam Memilih Penggantinya Sebagai sumbernya

Kisah Nabi Lainnya