Kisah Umar Bin Khattab Dan Seekor Burung

Dunia Nabi ~ Selama menjadi khalifah, Umar bin Khattab selalu berkeliling kota Madinah, ia ingin memantau keadaan warganya. Biasanya ia keluar rumah dengan berjalan kaki dan tanpa seorang pengawal pun.

Pada suatu siang hari yang panas, Khalifah Umar bin Khattab keluar rumah untuk mengelilingi kota Madinah. Ia terus berjalan sekali pun matahari sangat panas dengan teriknya.

Ia mengamati keadaan yang dilewatinya, ia bersyukur karena keadaaan kota Madinah dalam keadaan damai dan aman.


Setelah sampai disalah satu tempat, Umar bin Khattab menghentikan langkahnya. Disana ia melihat anak kecil dan mendengar  suara lirihan cicit burung. Ternyata  tangan anak  kecil itu menggenggam seekor burung kecil pula. Khalifah Umar  mendekati anak kecil itu  dan bertanya.” Wahai anak kecil, apa  yang ada  ditanganmu itu ? Dengan polos anak kecil itu menjawab.

“Tidakkah paman melihat ini adalah  burung”. Namun anak itu tidak terlalu  memperlihatkan umar, ia  hanya melihat sekilas saja, ia masih asyik bermain dengan burung kecil itu.

Melihat burung itu, Umar merasa kasihan, burung itu mencicit seolah sangat kesakitan.” Tentu burung kecil itu ingin sekali terbebas dari genggaman anak kecil itu dan segera terbang. Sementara itu anak kecil ini pastilah tidak mangerti  pikir Umar.

Kemudian Umar bertanya “Apakah aku dapat membeli burung itu darimu? Anak kecil itu terdiam sesaat mendengar perkataan Umar, sepertinya anak itu merasa heran dan ragu-ragu. Akhirnya anak kecil itu menjawab.”Baiklah, paman dapat membelinya.”

Anak kecil itu menyerahkan burung itu kepada Umar. Umar pun segera merogoh uang yang ada di sakunya dan menyerahkannya kepada anak kecil itu. Umar pun meninggalkan anak kecil itu, setelah agak jauh, Umar  melepaskan burung itu dengan berkata, ”Dengan nama Allah Yang Maha Penyayang, terbanglah  wahai burung  kecil, terbanglah-terbanglah. ”Khalifah Umar sangat bahagia melihat burung itu terbang dengan bebas.

Referensi : Berbagai Sumber
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Umar Bin Khattab Dan Seekor Burung Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Umar Bin Khattab Dan Seekor Burung Sebagai sumbernya

Kisah Nabi Lainnya