Keutamaan Sedekah, Kisah Sahabat Nabi

Dunia Nabi ~ Suatu hari seorang sahabat menemui Rasulullah SAW dan bertanya, “Wahai Rasulullah, pekerjaan apakah yang sangat terpuji bagi setiap muslim?” Sambil menatap wajah sahabatnya, Rasulullah menjawab, “Wahai sahabat, pekerjaan yang paling terpuji bagi kaumku adalah sedekah.”


Sahabat tersebut kembali bertanya pada Rasulullah, “Apa yang mesti dilakukan kalau seorang muslim belum mampu bersedekah?”

Rasulullah menjawab, “Hendaknya ia bekerja hingga bermanfaat bagi dirinya sendiri, kemudian kalian bisa bersedekah.

Dengan rasa penasaran, sahabat Rasulullah kembali bertanya. “Wahai Rasulullah, apa yang mesti dikerjakan ketika kami tidak bekerja?” Rasulullah menjawab. “Mengajak orang lain untuk berbuat baik, dan membimbing menuju jalan yang benar serta lurus.”

Sekali lagi sahabat bertanya kepada Rasulullah. “Wahai Rasulullah andaikan orang itu belum bisa mengajak orang lain untuk melakukan hal-hal yang baik karena sesuatu hal, apa yang mesti diperbuat?. Rasulullah kembali menjawab. “Ia harus menahan diri dari perbuatan buruk karena itu ia harus bersedekah.”
Hikmah Cerita :
“Memberi sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan adalah perbuatan yang terpuji, Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda baik di dunia maupun di akhirat. Namun, sekecil-kecilnya bersedekah adalah menahan diri dari perbuatan yang buruk.”
Oleh Nisfulail Sofi Febrina, S.Ag

loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Keutamaan Sedekah, Kisah Sahabat Nabi Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Keutamaan Sedekah, Kisah Sahabat Nabi Sebagai sumbernya

0 Response to "Keutamaan Sedekah, Kisah Sahabat Nabi"

Post a Comment

Kisah Nabi Lainnya