Khalifah Sulaiman Bin Abdul Malik Dan Lelaki Tua

Dunia Nabi ~ Pada suatu ketika, Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik masuk ke dalam masjid. Di dalam masjid, ia melihat seorang lelaki yang tampak sudah sangat tua.


Kemudian, Khalifah Sulaiman bertanya kepada lelaki itu, "Hai Pak tua, apakah engkau ingin meninggal dunia?" Lelaki tua itu menjawab, "Demi Allah, Aku tidak ingin meninggal."

"Mengapa engkau tetap ingin hidup, padahal engkau sudah tampak tua sekali?" kata Khalifah Sulaiman.

Lelaki tua itu menjelaskan bahwa ia melalui masa mudanya dengan hal-hal yang buruk, sedangkan masa tuanya ia lalui dengan hal-hal yang buruk, sedangkan masa tuanya ia lalui dengan segala kebaikan. Saat berdiri dan duduk ia selalu memuji Allah. Untuk itu, ia ingin hal itu terus berlangsung.

"Wahai Pak tua, kira-kira amal perbuatanmu yang mana yang membuatmu panjang umur?" tanya Khalifah Sulaiman lagi. Lelaki tua itu mengatakan bahwa dirinya adalah seorang yang selalu menyempurnakan wudhu, mendirikan shalat dengan baik, menyambung tali silaturahmi, menahan diri dari pandangan yang tidak baik, menjaga kehormatan diri, dan menyedekahkan rezeki yang dimiliki. Kemudian, Sulaiman mengatakan bahwa tidaklah mengherankan jika maut tidak segera menghampiri lelaki tua itu.

"Dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah." (Surat Faathir ayat 11)

"Masa itu umpama air pasang surut, tiada siapa yang dapat menahannya."

Oleh Sugiasih, S.Si.

loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Khalifah Sulaiman Bin Abdul Malik Dan Lelaki Tua Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Khalifah Sulaiman Bin Abdul Malik Dan Lelaki Tua Sebagai sumbernya

0 Response to "Khalifah Sulaiman Bin Abdul Malik Dan Lelaki Tua"

Post a Comment

Kisah Nabi Lainnya