Tidak Dapat Memberi Susu

Dunia Nabi ~ Pada suatu masa, terdapat seorang anak gembala yang bernama Abdullah bin Mas'ud. Ia menggembalakan domba-domba milik Uqbah bin Mu'aith di daerah perbukitan di Mekkah.


Pada suatu pagi, Abdullah pergi menggembalakan domba-domba. Setelah sampai, ia membiarkan domba-domba itu memakan rumput. Tidak lama kemudian, ia melihat dua orang dari jauh.

Keduanya tampak keletihan dan kehausan. Mereka berjalan ke arah Abdullah. Saat telah dekat dengan Abdullah, salah satu di antara keduanya berkata, "Hai anak kecil, kami sangat kehausan, berilah kami susu dari domba-dombamu, sekalipun hanya seteguk. Kami benar-benar kehausan.

Kemudian, Abdullah menjawab, "Maaf saya tidak dapat memberi bapak susu sekalipun hanya seteguk. Domba-domba ini bukanlah milik saya, saya hanyalah seorang penggembala."

Mendengar penolakan Abdullah, kedua orang itu tidaklah marah. Mereka justru menyukai jawaban tersebut. Mereka memandang Abdullah sebagai anak yang berakhlak yang baik dan mulia.
"Hendaklah adab sopan anak-anak itu dibentuk sejak kecil, karena ketika kecil mudah membentuk dan mengasuhnya." (Hamka).
Oleh Sugiasih, S.Si.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Tidak Dapat Memberi Susu Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Tidak Dapat Memberi Susu Sebagai sumbernya

0 Response to "Tidak Dapat Memberi Susu"

Post a Comment

Kisah Nabi Lainnya