Kisah Teladan Ibrahim bin Adham Dan Sahabatnya

Dunia Nabi ~ Ibrahim bin Adham adalah seorang ulama terkemuka. Masyarakat mengenalnya sebagai orang yang sangat saleh, ia hidup zuhud. Zuhud adalah segala sesuatu tentang meninggalkan keduniawian, ketaatannnya kepada Allah tidak  diragukan lagi.


Pada suatu masa Ibrahim bin Adham tinggal di Mekkah, disana ia tinggal bersama sahabat-sahabatnya  untuk  memenuhi kebutuhannya, ia bekerja keras sebagai tukang kayu. Ia bekerja hingga malam hari, selain untuk kebutuhannya sendiri, ia juga menafkahi sahabat-sahabatnya.

Pada suatu malam, Ibrahim bin Adham belum kembali ke rumah, para sahabatnya  telah lama menunggunya. Seorang sahabatnya berkata, ”Sebaiknya kita memakan roti ini terlebih  dahulu, kita perlu  menunggu Ibrahim.” Sahabat  yang lain berkata, “Ya, benar ini peringatan untuknya agar cepat pulang.” Setelah selesai makan, mereka tidur.

Pada  saat Ibrahim sampai dirumah, ia melihat sahabat-sahabatnya sementara telah tidur. Ia menyangka para sahabatnya tidur dalam keadaan perut kosong. Untuk itu ia memasak gandum yang dibawanya, ia hendak membuat roti sehingga para  sahabatnya terbangun akan ada makanan.

Ia mulai menyulut api, saat  itulah para sahabatnya bangun. Mereka  melihat Ibrahim bin Adham dengan susah payah meniup api, air matanya keluar karena terkena kepulan asap api. Sahabat-sahabatnya keheranaan dan bertanya, “Apa yang engkau  lalukan”? Ibrahim menjawab bahwa dirinya  hendak memasak gandum  untuk membuat roti untuk kalian. Sahabat-sahabatnya sangat terharu mendengar jawaban Ibrahim. Mereka berprasangka  buruk terhadap Ibrahim, padahal Ibrahim memikirkan mereka.

Permudahlah urusan dan janganlah  kamu menyusahkan, gembirakanlah setiap orang  dan jangan kamu menakut-nakuti.

“Sebaik-baik sahabat ialah yang elak dalam perangai dan budi pekerti.”

Sumber : Seri Peneguh Iman Islami oleh Sugiasih, S.Si.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Teladan Ibrahim bin Adham Dan Sahabatnya Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Teladan Ibrahim bin Adham Dan Sahabatnya Sebagai sumbernya

Kisah Nabi Lainnya