Rasulullah Saw Dan Abu Bakar Di Gua Tsur

Dunia Nabi ~ Sebelum fajar menyingsing, Rasulullah dan Abu Bakar meninggalkan Kota Mekkah menuju ke Yatsrib (Madinah). Di tengah perjalanan mereka berhenti di Gua Tsur. Baca Kisah Sebelumnya: Rasulullah Saw Menemui Abu Bakar


Abu Bakar masuk ke dalam gua terlebih dahulu. Ia memeriksa gua karena khawatir ada sesuatu yang membahayakan, ketika dirasa telah aman, Abu Bakar meminta Rasulullah masuk ke dalam gua tersebut.

Kemudian, Allah memerintahkan laba-laba membuat sarang yang menutupi pintu gua, selain itu merpati diperintahkan untuk membuat sarang dan bertelur di pintu gua. Hal itu menutup pandangan dari luar gua.

Sementara itu, orang-orang kafir Quraisy sangat kecewa karena mereka tidak berhasil membunuh Rasulullah, mereka melakukan pengejaran hingga ke Bukit Tsur. Ketika mereka tiba di luar Gua Tsur, mereka ragu-ragu untuk masuk ke dalam gua. Namun, mereka melihat sarang laba-laba dan sarang burung di pintu gua. Mereka pun menjadi  yakin bahwa Rasulullah tidak mungkin berada di dalam gua, pasti tidak ada sarang laba-laba dan sarang burung di pintunya.

Sementara itu, Abu Bakar yang berada di dalam gua sangat ketakutan. Melalui celah batu, Abu Bakar dapat melihat orang-orang Quraisy di luar gua. Abu Bakar berkata. “Ya Rasulullah, jika mereka menundukkan kepala ke bawah, pasti mereka melihat kita.” Rasulullah berkata. “jangan engkau bersedih dan takut, sesungguhnya Allah bersama kita.”

Berkaitan dengan peristiwa ini, Allah berfirman dalam Surat At-Taubah ayat 40, “Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekkah) mengeluarkannya (dari Mekkah) sedang dia slah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya. “Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita.” Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Qur’an menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Akhirnya, orang-orang Quraisy meninggalkan Gua Tsur tanpa curiga sedikit pun. Mereka pun tidak ingin membuang waktu. Baca Kisah Selanjutnya: Rasulullah Saw Dan Abu Bakar Keluar Dari Gua Tsur

“Kecintaan kepada Allah melingkupi hati, kecintaan ini membimbing hati dan bahkan merambah ke segala hal.”

Oleh Sugiasih, S.Si

loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Rasulullah Saw Dan Abu Bakar Di Gua Tsur Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Rasulullah Saw Dan Abu Bakar Di Gua Tsur Sebagai sumbernya

0 Response to "Rasulullah Saw Dan Abu Bakar Di Gua Tsur"

Post a Comment

Kisah Nabi Lainnya