Kisah Inspiratif Yusuf Sunarko Di Halmahera Utara

Dunia Nabi ~ Jauh dari bayangan Yusuf Sunarko. Bahwa ia akan diterjunkan bebas seorang diri, merintis dakwah di Maba Halmahera Timur Maluku Utara daerah yang sangat asing baginya, baik itu secara struktur sosiologis, maupun geogarafisnya. Karena ia sendiri berasal dari Malang, Jawa Timur, dan belum pernah merantau di pulau seberang.


Tak hayal mulanya ia sempat dilanda kebingungan untuk memulai langkah dakwah. Maklum jangankan lahan untuk membangun pesantren. Sekedar tempat tinggalpun, ia mengontrak di salah satu rumah milik warga.

Di tengah kekalutan memikirkan strategi gerakan, iapun terlilit persoalan pribadi. Tidak ada pemasukan, jadilah ustadz Yusuf panggilan akrabnya, mengkonsumsi apa saja yang tersedia di rumah kontrakkan. Yang penting perut terganjal.

Sering juga tidak makan, kisahnya. Meski demikian kondisi yang dialami laki-laki ramah ini tidak ingin mengalah dengan keadaan. Ia tetap berupaya berjuang, menjalankan amanah dakwah yang telah dipikulnya, sejak dibacakannya Surat Keputusan (SK), penugasan dari STAI Lukman al-Hakim surabaya tahun 2010 silam.

Maka mulailah Yusuf melakukan ke rumah-rumah warga. Target adalah anak-anak, ia ingin mendirikan Taman pembelajaran al-Qur’an (TPQ), alhamdulillah beberapa warga merespon positif. Meraka mempercayakan pendidikan kepadanya. Tapi lambat laun, ia merasakan ada keganjalan.

Sekian lama berjalan, saya menilai perkembangan dakwah lambat sekali. Keterlibatan masyarakat pasif, murid-murid justru berkurang, ujarnya. Yang nampak malah ada kesan menjaga jarak dan tidak ingin terus berlanjut, akhirnya ia mencoba melakukan penyelidikan. Bertanya kepada warga atau pendatang yang sudah akrab dengannya. Ketemulah persoalannya.

Ternyata itu dilatarbelakangi oleh kekhawatiran, kalau para pendatang akan menguasai orang-orang pribumi. Agar tak menimbulkan kecurigaan, pria bertubuh ramping ini sangat berhati-hati melangkah dalam mensosialisaikan tugasnya kepada masyarakat.

Sebagai langkah awal untuk memecah kebekuan, kembali silaturrahmi digalakkan. Rumah-rumah didatangi, masjid-masjid dikunjungi, tidak hanya itu pihak pemerintah (Wakil bupati) juga didatangi.

Pihak pemerintah saat itu sangat mendukung gerakan kita. Dan siap menjalin kerja sama, kata Yusuf. Tapi tidak demikian dengan masyarakat, mereka masih belum menunjukkan adanya perubahan sikap.
Meski telah beberapa kali bersilaturrahmi dan berusaha menjelaskan dengan jujur maksud dari kedatangannya, hanya dua-tiga warga saja yang berkenan menerima. Sadar langkahnya kurang efektif, ide cemerlangpun muncul dibenak Yusuf. Kalau respon masyarakat kurang baik terhadap pendatang, berarti  saya harus mampu mengajak salah satu warga sekitar untuk bersama berjuang di medan dakwah, pikirnya.

Maka mulailah Yusuf mencari sosok pejuang yang siap dipinang. Tapi apa boleh buat mencari teman dakwah saat itu, baik mencari jarum di tumpukkan jerami. Setiap kali mengajak, sebanyak itu pula mendapat penolakan. Dan kondisi ini terus berlanjut hingga memasuki bulan ke delapan.

Sulit sekali menemukan kawan berjuang, karena itu, berbulan-bulan perkembangan dakwah berjalan di tempat. Saya hanya mengajar segelintir  anak di kontrakan ungkapnya.

Dalam menghadapi kondisi yang demikian, laki-laki asli Malang ini mengaku do’alah yang menjadi senjata utamanya untuk meminta pertolongan Allah. Setiap selesai sujud, ia terus memohon agar Allah meringankan tugas tengah yang diembannya.

Harapan agar mendapat teman berjuang dari anak pribumi, juga terus ia memanjatkan kepada Allah. Allah Maha Pengabul do’a akhirnya mengijabah do’a Yusuf. Entah mendapat informasi dari mana, suatu hari datang kepadanya salah seorang pemuda dari desa seberang yang mengutarakan minatnya untuk berjuang bersama-sama. Mendapati permintaan itu, Yusuf sangat girang dan bersyukur atas terjabahnya do’anya.

Kejadian itu merupakan salah satu pengalaman rohani yang tak terlupakan. Saya sangat tidak menyangka Allah menjabah permintaan saya, agar diberi teman berjuang dari orang pribumi, jelasnya dengan nada penuh haru.

Dan benar saja, lambat laun sejak kedatangan teman barunya itu, warga mulai menyambut seruan Yusuf. Dengan berbondong-bondong mereka mendaftar ditempat ini akan putra-putri mereka  belajar mengaji Al-Qur’an di tempat kediamannya. Karena semakin hari semakin banyak, akhirnya tempat tinggalnya tidak lagi mumpuni.

Yusuf dan kawannya pun menghadap wakil bupati untuk turun tangan mengembangkan pendidikkan al-Qur’an yang mereka rintis. Alhamudililah beliau sanggup  menguturkan bantuan berupa 3 (tiga) ruangan untuk digunakan tempat mengaji. Ratusan anak-anak telah mengaji ditempat ini.

Sukses mendirikan Tempat Pengajian Qur’an (TPQ) timbul rasa untuk merintis sekolah Islam. Maka mulailah dirintis , ternyata animo masyarakat pun sangat tinggi. Muridnya sudah 230-an orang, yang menarik bukan hanya fisik dan jumlah murid yang mengalami kemajuan. Secara kualitas, juga cukup cemerlang. Terbukti tidak sedikit anak dari pejabat setempat yang mempercayakan pendidikan anak-anak mereka di lembaga rintisannya.

Memasuki tahun ke sepuluh ini, selain TPQ MI dan pondok putri, juga tengah dirancang pendirian pondok putra. Untuk sementara, karena belum ada tempat, hanya putri yang berasrama. Sedangkan putra kembali pulang kerumah masing-masing.

Minta do’a dan dukungannya Insya Allah ini tengah merintis pondok pesantren putra, tutupnya, semoga sukses ustadz. Robinsah/Mulia.

Sumber: Majalah Mulia, Berbagi Kemuliaan Hidup

loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Inspiratif Yusuf Sunarko Di Halmahera Utara Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Inspiratif Yusuf Sunarko Di Halmahera Utara Sebagai sumbernya

0 Response to "Kisah Inspiratif Yusuf Sunarko Di Halmahera Utara"

Post a Comment

Kisah Nabi Lainnya