Nasihat Dari Lelaki Gila

Dunia Nabi ~ Pada suatu ketika, ada seorang lelaki yang bersumpah tidak akan menikah dengan seorang perempuan hingga ia meminta pendapat kepada seratus orang. Hal ini disebabkan oleh perlakuan buruk yang pernah ia terima dari beberapa perempuan. Ia pun pergi kesana kemari untuk meminta pendapat dari orang-orang.


Ia bertanya-tanya kepada siapa saja untuk dimintai pendapatnya. Setelah meminta pendapat kepada 99 orang, ia berusaha mencari orang yang keseratus. Ia tidak mengenal lelah. Setelah sekian lama berjalan, secara kebetulan ia bertemu dengan seorang lelaki gila yang sedang berjalan. Lelaki gila itu mengenakan kalung tulang di lehernya dan wajahnya kusam. Ia sedang memain-mainkan sebatang kayu di bawah selangkangannya sambil berbicara sendiri.

Lelaki itu bertanya kepada lelaki gila, "Aku ingin bertanya kepadamu mengenai suatu masalah, mungkin kamu dapat memberikan jawaban." Lelaki gila itu berkata, "Bertanyalah apa saja asal yang penting, tetapi jangan sekali-kali bertanya tentang sesuatu yang bukan urusanmu."

Kemudian, lelaki itu pun menceritakan bahwa dirinya pernah mendapat perlakuan buruk dari beberapa perempuan. Oleh karena itu, bersumpah tidak akan menikah dengan seorang perempuan pun hingga ia meminta pendapat kepada seratus orang. Setelah meminta pendapat kepada 99 orang, lelaki gila inilah yang menjadi orang keseratus yang dimintai pendapat.

Mendengar masalah lelaki itu, orang gila itu memberikan jawaban seperti layaknya seorang yang arif dan bijaksana. Lelaki gila itu berkata, "Ketahuilah bahwa perempuan itu ada tiga macam, yaitu satu baik untukmu, satu lainnya tidak baik untukmu, dan satu lagi perempuan yang tidak baik untukmu namun juga tidak jelek untukmu. Perempuan yang baik untukmu adalah perempuan cantik dan lembut yang belum pernah dikenal oleh lelaki sebelummu. Jika ia melihat suatu kebaikan, ia memuji. Jika ia melihat suatu keburukan, ia menutupi."

Lebih lanjut lelaki gila ini menjelaskan, "Perempuan yang tidak baik untukmu adalah perempuan yang mempunyai anak dari selain engkau. Ia menguras hartamu dan memberikan kepada anaknya. Ia tidak berterima kasih kepadamu meskipun kamu sudah bekerja membanting tulang untuk memberikan nafkah."

Kemudian, orang gila ini menjelaskan tentang perempuan yang ketiga. "Perempuan yang ketiga adalah perempuan yang tidak baik untukmu namun juga tidak jelek untukmu. Perempuan ini adalah perempuan yang pernah menikah dengan selain kamu. Jika ia melihat kebaikan darimu, ia mengatakan suka kepadamu. Namun, jika ia melihat keburukanmu, ia mengingat kembali pada suami sebelum kamu. Inilah macam-macam perempuan yang sudah aku jelaskan kepadamu. Jika kamu ingin menikah, menikahlah dengan perempuan yang paling baik. Jika tidak, maka sebaiknya jangan menikah."

Mendengar penjelasan dari lelaki gila tersebut, lelaki itu menjadi penasaran. Ia menanyakan identitas orang tersebut. Akan tetapi, lelaki gila itu menjawab, "Bukankah tadi aku sudah memberi syarat agar kamu tidak bertanya tentang sesuatu yang bukan urusanmu?" Subhanallah. Meskipun orang itu dianggap gila, ia dapat memberikan nasihat yang sangat menyentuh kepada lelaki tersebut.
"Dengarkan apa yang dikatakan, tetapi jangan engkau melihat siapa yang mengatakan."
Oleh Sugiasih, S.Si.

loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Nasihat Dari Lelaki Gila Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Nasihat Dari Lelaki Gila Sebagai sumbernya

0 Response to "Nasihat Dari Lelaki Gila"

Post a Comment

Kisah Nabi Lainnya