Tangan Dan Sedekah Sepotong Roti

Tangan Dan Sedekah Sepotong Roti ~ Suatu masa, kaum Bani Israel mengalami bencana kelaparan. Banyak orang miskin yang meminta-minta kepada orang kaya.


Pada suatu ketika, seseorang  yang miskin meminta-minta sedekah  di depan  rumah  yang mewah. Seorang gadis keluar dari pintu  rumah tersebut. Ia membawa sepotong roti untuk diberikan kepada peminta tersebut. Setelah diterima,  orang miskin  itu  segera  menggigit  roti  tersebut karena ia begitu lapar. Setelah itu, bapak gadis itu keluar. Ia memarahi gadis itu karena memberikan sepotong roti. Tidak hanya memarahi, bapak gadis itu juga membawa senjata dan memotong  tangan kanan  gadis itu hingga  putus.

Setelah peristiwa itu, kehidupan bapak gadis itu berubah drastis. Ia menjadi jatuh miskin.  Akhirnya,  ia  mati dalam keadaan hina. Sementara itu, gadis itu hidup menjadi peminta­minta. Pada suatu hari, ia berada di depan rumah orang kaya dan meminta sedekah. Seorang ibu keluar dari rumah  mewah itu. Ia memberikan pakaian yang indah dan perhiasan mewah. Ternyata, ibu itu sangat  mengagumi  kecantikan gadis  tersebut. Ia akan menjadikan gadis itu sebagai  istri anaknya.

Anak lelaki ibu itu pun bersedia menikah dengan gadis tersebut. Namun, selama itu ia tidak  mengetahui  tangan gadis  itu  buntung  karena  ibunya  berusaha  menutupinya. Setelah  menikah   pun,  anak  lelaki  ibu  ters but  tetap  tidak mengetahui  tangan gadis yang buntung itu.

Pada suatu ketika, mereka makan malam bersama. Setiap kali mengambil makanan, gadis itu selalu menggunakan tangan kiri. Suaminya berkata, "Aku bisa mengerti keadaan ini. Orang miskin memang tidak mengetahui tata cara makan yang benar. Gunakanlah tangan kanan untuk makan." Namun, gadis itu tetap menggunakan  tangan kirinya. Suaminya terus memberitahu bahwa sebaiknya ia menggunakan  tangan kanan. Tiba-tiba terdengar suara, ''Wahai hamba Allah, keluarkanlah tangan kananmu. Sesungguhnya Allah telah mengembalikan tangan kananmu karena engkau telah  memberikan   sepotong  roti  kepada peminta  dengan ikhlas." Setelah itu, gadis itu mencoba mengeluarkan tangan kanannya. Ternyata benar, tangan kanannya tidaklah buntung, tetapi utuh seperti keadaan semula. Kemudian, ia makan  makanan  dengan tangan kanannya. Dernikianlah balasan orang yang memberikan  sedekah  dengan  ikhlas.
Pesan : "Jangan sampai kita lupa akan tugas kita yang sesungguhnya di dunia ini, yaitu mengumpulkan perbekalan  untuk  menuju kampung  akhirat yang  kekal. Jadi, bagikan kekayaan  kepada orang-orang yang  ada di sekitar Anda, terutama yang lebih membutuhkan."
Oleh Sugiasih, S.Si.
 
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Tangan Dan Sedekah Sepotong Roti Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Tangan Dan Sedekah Sepotong Roti Sebagai sumbernya

Kisah Nabi Lainnya