Kisah Ummu Fadhal Istri Paman Nabi

Dunia Nabi ~ Nama sebenarnya Ummu Fadhal adalah Lubabah binti Al-Harits. Ia adalah istri Abbas bin Abdul Muthalib, paman Rasulullah saw.


Ummu Fadhal adalah seorang muslimah yang keimanannya telah mendapat pengesahan dari Rasulullah. Ketika itu, Rasulullah bersabda, “Ada empat wanita mukmin, yaitu Maimunah, Ummu Fadhal, Salma dan Asma.”
 
Ummu Fadhal dan Abbas memiliki enam orang anak yang saleh dan pandai. Keenam anaknya adalah Fadhal, Abdullah Al-Faqih, Ubaidullah Al-Faqih, Ma’bad, Qatsam, dan Abdurrahman. Ummu Fadhal termasuk wanita yang pertama memeluk agama Islam, setelah Khadijah, istri Rasulullah saw.

Ummu Fadhal adalah seorang wanita yang pemberani dalam membela agamanya. Hal ini terlihat jelas saat melawan Abu Lahab yang sangat membenci Islam. Kisah ini diceritakan oleh Abu Rafi, pembantu Rasulullah yang pernah  menjadi pembantu Abbas. Ketika itu, Abbas dan Ummu Fadhal telah memeluk agama Islam. Perang Badar telah berkecamuk, Abu Lahab  tidak ikut serta dalam Perang Badar.

Suatu ketika, Abu Rafi sedang duduk. Di dekatnya, Ummu Fadhal juga duduk. Tiba-tiba, Abu Lahab mendekat ke arah mereka dengan berlari. Kemudian, Abu Lahab duduk, tidak kama, kemudian orang-orang datang dan mengatakan bahwa Abu Sufyan bin Harits  telah kembali dari medan perang Badar.

Abu Lahab dan orang-orang mengerumuni Abu Sufyan untuk mengetahui peristiwa di Badar tersebut. Abu Sufyan berkata, “Ketika kami berhadapan dengan mereka, mereka tidak henti-hentinya menyerang kami. Mereka menyerang dan menawan kami sesuka hati mereka. Demi Allah, saat kami mengumpulkan pasukan, kami melihat sekelompok lelaki yang berkuda hitam dan putih. Demi Allah, mereka tidak menginjakkan kakinya di tanah.” Mendengar hal itu,  Abu Rafi berkata, “Demi Allah, Itu adalah malaikat.”

Perkataan Abu Rafi membuat Abu Lahab marah dan menyarangkan pukulan ke tubuh Abu Rafi, yang lemah. Ia juga menarik dan membanting tubuh Abu Rafi. Melihat kejadian itu, Ummu Fadhal tidak tinggal diam. Ia mengambil tiang dari batu dan memukulkannya ke kepala Abu Lahab. Kepala Abu Lahab berdarah dan tubuhnya terjatuh. Ketika itu, Abu Lahab sungguh merasa terhina. Demikianlah, Ummu Fadhal adalah seorang wanita yang membela orang-orang yang lemah.

Oleh Sugiasih, S.Si.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Ummu Fadhal Istri Paman Nabi Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Ummu Fadhal Istri Paman Nabi Sebagai sumbernya

Kisah Nabi Lainnya