Kisah Para Sahabat Nabi Muhammad saw

Dunia Nabi ~ Nabi Muhammad saw memiliki puluhan bahkan ratusan sahabat yang sangat setia kepada beliau. Sebagian sahabat telah meninggal ketika dakwah Islam mulai disebarkan.


Sahabat Nabi yang terkenal paling dekat dan paling awal dalam memeluk agama Islam adalah Abu Bakar. Beliau adalah seorang saudagar yang kaya raya. Beliau senantiasa menyumbangkan hartanya untuk kepentingan dakwah Islam.

Abu Bakar mendapat gelar ‘Ash-Shiddiq’ karena beliaulah orang pertama yang membenarkan peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad saw. Abu Bakar Ash-Shiddiq menjadi Khalifah Islam yang pertama setelah wafatnya Nabi Muhammad saw.

Umar bin Khattab adalah sahabat Nabi yang masuk Islam pada tahun ke-5 Hijriah. Pada zaman jahiliyah, Umar adalah seorang yang paling keras penentangan terhadap Islam. Beliau sangat ditakuti oleh kaum Quraisy. Umar bin Khattab menjadi khalifah Islam yang kedua setelah wafatnya Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Sahabat Nabi yang paling muda memeluk agama Islam adalah Ali bin Abu Thalib adalah sepupu Nabi Muhammad saw. Ali bin Abu Thalib menikahi putri kesayangan Nabi yang bernama Fatimah.

Utsman bin Affan adalah sahabat Nabi yang memeluk agama Islam setelah diajak oleh Abu Bakar. Beliau adalah seorang saudagar yang kaya raya. Utsman bin Affan juga menikahi putri Nabi, yaitu Ruqayyah dan Ummu Kultsum. Oleh karena itu, beliau diberi gelar Dzun Nurain, yang artinya yang memiliki dua cahaya.

Oleh Sugiasih, S.Si.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Para Sahabat Nabi Muhammad saw Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Para Sahabat Nabi Muhammad saw Sebagai sumbernya

Kisah Nabi Lainnya