Kisah Peristiwa Meninggalnya Nabi Sulaiman

Dunia Nabi ~ Pada suatu ketika, Nabi Sulaiman sedang memantau para jin bekerja. Ia terus menerus memantau para jin bekerja. Para jin itu tidak berani menoleh ke arah Nabi Sulaiman.

Ketika Nabi Sulaiman sedang mengawasi jin-jin bekerja, malaikat maut mencabut nyawa Nabi Sulaiman. Namun, jasadnya masih berdiri dan disangga oleh tongkatnya. Para jin terus bekerja. Mereka tidak menyadari bahwa Nabi Sulaiman telah wafat.


Kemudian, Allah memerintahkan rayap untuk memakan tongkatnya. Sebagian dari tongkat Sulaiman dimakan oleh rayap-rayap selama beberapa hari. Pada saat bagian yang dimakannya semakin banyak, tongkat itu pun menjadi rusak dan jatuh dari tangan Nabi Sulaiman.

Jasad Nabi Sulaiman tersungkur dan terhempas ke bumi. Melihat kejadian itu, para jin menghentikan kerjanya. Secepat mungkin mereka berlari. Mereka merasa tersiksa dan hina karena tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang hal-hal yang gaib.

Baca juga :
Peristiwa meninggalnya Nabi Sulaiman diterangkan dalam Al-Quran Surat Saba’ ayat 14. “Maka tatkala Kami telah menetapkan kematian Sulaiman, tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka tatkala ia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa kalau sekiranya mereka mengetahui yang gaib tentulah mereka tidak akan tetap dalam siksa yang menghinakan.” Peristiwa kematian Nabi Sulaiman penuh dengan keajaiban. Hal ini menunjukkan tanda-tanda kekuasaan Allah.

Manusia sering beranggapan bahwa jin, setan, atau iblis mengetahui hal-hal yang gaib. Manusia tidak menyadari bahwa kunci kegaiban berada di tangan Allah. Manusia, jin, setan, iblis, dan seluruh makhluk-makhluk Allah tidak menguasai ilmu gaib. Peristiwa meninggalnya Nabi Sulaiman membuktikan bahwa jin atau setan tidak menguasai hal-hal yang bersifat gaib.

Ketidakmampuan itu terlihat ketika para jin itu tetap bekerja karena mengira Nabi Sulaiman itu masih hidup. Kalau saja mereka mengetahui Nabi Sulaiman sudah meninggal, mereka akan berhenti bekerja. Demikianlah peristiwa meninggalnya Nabi Sulaiman.

Allah memberikan banyak kenikmatan kepada Nabi Sulaiman. Namun, ia tetap seorang yang taat kepada-Nya.

Oleh Sugiasih, S.Si.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Peristiwa Meninggalnya Nabi Sulaiman Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Peristiwa Meninggalnya Nabi Sulaiman Sebagai sumbernya

Kisah Nabi Lainnya