Kisah Kaum Bani Israil Menjadi Kera

Dunia Nabi ~ Hari  Sabtu merupakan hari yang  hanya digunakan untuk beribadah bagi kaum Bani Israel. Hal itu telah ditetapkan sejak zaman Nabi Musa.

Pada hari itu, kaum Bani Israel dilarang melakukan aktivitas berhubungan dengan duniawi. Mereka tidak diperbolehkan bekerja, seperti menangkap ikan. Mereka menghabiskan waktu dengan beribadah termasuk berpuasa.


Mereka menjalankan ketentuan itu dengan penuh kepatuhan hingga zaman Nabi Daud. Ketika itu, kaum Bani Israel tinggal di Ailah. Ada sebagaian pendapat yang menyatakan bahwa mereka tinggal di Madyan.

Di dekat tempat tinggal kaum Bani Israel terdapat tepi laut. Di wilayah ini berkumpul ikan dalam jumlah yang banyak. Anehnya, ikan-ikan tersebut terlihat pada hari Jumat dan hari Sabtu. Kondisi ini menimbulkan keresahan di kalangan kaum Bani Israel.

Mereka mulai tergoda dengan ikan yang ada di tepi laut itu. Mereka tidak sadar bahwa Allah sedang menguji mereka. Allah menguji seberapa besar keteguhan mereka pada ajaran Nabi Musa dan Nabi Daud. Akhirnya, mereka tidak peduli dengan larangan bekerja pada hari sabtu. Mereka menangkap ikan pada hari itu. mereka sangat senang karena hasil tangkapan ikannya cukup banyak. Kaum Bani Isrtael sibuk mengumpulkan harta.

Meskipun demikian, sebagian dari mereka masih ada yang menaati larangan bekerja pada hari Sabtu. Mereka menasihati golongan yang ingkar terhadap perintah Nabi Musa. Namun,golongan yang ingkar tetap tidak mengindahkannya. Bahkan, mereka ingin membagi wilayah menjadi dua bagian dengan mendirikan tembok pemisah.

Kekayaaan mereka bertambah banyak. Perbuatan maksiat di antara mereka makin menjadi-jadi. Golongan yang masih taat terus berusaha menasihati mereka. Namun, mereka tidak memperdulikannya. Hal itu berlangsung sampai beberapa saat.

Kemudian, Allah menimpakan azab kepada mereka. Kaum Bani Israel yang menangkap ikan pada hari sabtu dikutuk oleh Allah. Wajah mereka berubah menjadi kera.

Peristiwa ini terdapat dalam Al-Quran Surat Al- Baqarah ayat 65. “Dan sesungguhnya telah kamu ketahui orang-orang yang melanggar di antaramu pada hari sabtu, lalu Kami berfirman kepada mereka, Jadilah kamu kera yang hina. ( Surat Al- Baqarah ayat 65).

Oleh Sugiasih, S.Si.
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Kaum Bani Israil Menjadi Kera Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Kaum Bani Israil Menjadi Kera Sebagai sumbernya

Kisah Nabi Lainnya