Kisah Taubatnya Pemuda Kaya Raya

Dunia Nabi ~ Allah swt, memiliki sifat maha Pengasih dan Maha Penyayang kepada semua makhluk-Nya. Allah swt memberikan nikmat yang sangat banyak terhadap manusia. Siapa saja yang bersyukur, pasti akan ditambah nikmat itu, sedangkan siapa yang ingkar pasti akan dicabut nikmat itu.


Pada zaman dahulu, ada seorang pemuda yang sangat kaya, usianya masih muda, yaitu tiga puluh tahun. Walaupan masih muda dan sangat kaya, ia tidak pernah sekalipun beribadah kepada Allah swt. Ia merasa bahwa kekayaannya itu berasal dari jerih payahnya sendiri mencari harta.

Berdasarkan kenyataan tersebut, malaikat berkata kepada Allah swt, Ya Allah, sesungguhnya hamba-Mu ini tidak pernah beribadah kepada-Mu sepanjang hidupnya, padahal dia telah diberi kekayaan yang sangat banyak.

Allah swt berfirman, ”Orang ini tidak pernah beribadah kepada-Ku, karena dia masih mendapat nikmat-Ku. Seandainya dia diberi ujian  berupa musibah, ia pasti akan kembali mengingat-Ku. Hai Jibril, cabutlah nikmat kekayaan yang Aku berikan kepadanya dan lihatlah apa yang akan terjadi.

Kemudian Jibril menerima perintah tersebut lalu turun ke Bumi dan menguji  orang kaya itu. Semua harta  benda orang  itu dimusnahkan, hasil kebunnya rusak,  dan ternak-ternaknya  mati bergelimpangan.

Setalah  mendapat musibah dari kekuasaan Allah swt tersebut, orang  kaya itu  kebingungan dan ia pun memohon kepada Allah swt. ”Ya Allah, Tuhan-Ku  yang Maha Pemurah, tolonglah hamba-Mu ini. Aku tidak berdaya lagi karena  semua hartaku telah musnah dan habis.

Selanjutnya Allah swt pun berfirman, “Sesungguhnya Aku hanya  memberikan ujian kepadamu untuk sementara saja supaya kamu ingat dan kembali kepada-Ku serta menyadari diri bahwa kamu hanyalah makhluk yang diciptakan dan yang lemah dimata Allah swt”.

Akhirnya orang itu pun bertobat dan menyadari  bahwa semua  kesalahannya, dan dia menjadi orang yang saleh  dan rajin  beramal. Allah swt  pun mengembalikan nikmat  kekayaan kepada orang itu.

“Orang yang kurang ditimpa kesulitan dan kesusahan, jiwanya akan menjadi lemah seperti halnya orang yang kurang bekerja, badannya akan menjadi lemah pula”.

Sumber : Seri Peneguh Iman Islami oleh Sugiasih, S.Si.
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Taubatnya Pemuda Kaya Raya Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Taubatnya Pemuda Kaya Raya Sebagai sumbernya

Kisah Nabi Lainnya