Kisah Rumah Yang Selalu Kokoh Sepanjang Masa

Dunia Nabi ~ Di sebuah kerajaaan ada seorang raja yang membangun istana yang sangat megah dan indah. Setelah istana selesai dibangun, raja itu mengundang  masyarakatnya untuk datang ke istananya. Berbagai acara hiburan diadakan oleh sang raja agar rakyatnya  merasa gembira.

Pada setiap pintu istana, ada banyak  pengawal yang menanyakan kepada setiap orang yang keluar masuk istana. Para pengawal bertanya, ”Apakah kamu melihat adanya kekurangan pada bangunan istana ini?” Rakyat menjawab, “Tidak ada satu pun kekurangan pada istana ini, semuanya terlihat sangat megah dan indah serta sempurna.”


Hampir semua orang yang ditanya selalu menjawab tidak ada kekurangan, hingga sekelompok pemuda. Pengawal bertanya lagi kepada para pemuda itu, ”Apakah kalian melihat adanya kekurangan pada bangunan istana ini ?”.

Ternyata para pemuda itu menjawab, ”Kami melihat ada dua kekurangan pada bangunan ini”. Para pengawal itu merasa heran dengan jawaban itu, mereka langsung membawa para pemuda itu menghadap pada raja. Para pengawal raja itu berkata, ”Wahai Paduka, semua orang disini mengatakan bahwa  istana ini sangat megah, indah dan sempurna, akan tetapi, ada sekelompok pemuda yang mengatakan istana ini masih memiliki kekurangan”. Raja itu berkata, “Bawalah mereka ke hadapanku”.

Setelah sekelompok pemuda menghadap pada raja, raja berkata, ”Apakah kalian  melihat  masih ada kekurangan pada bangunan istana ini ? salah seorang diantara mereka berkata, ”Ya, ada dua kekurangan”. Raja bertanya lagi, ”Apa kekurangan dari bangunan istana ini”? Pemuda itu menjawab, ”kekurangan bangunan istana ini adalah  bangunan ini akan roboh dan pemiliknya akan mati”. Raja bertanya, ”Kalau begitu apakah kalian mampu membuat bangunan yang tidak akan roboh dan pemiliknya tidak akan mati?” Pemuda itu menjawab, ”Ya kami mampu.” Raja bertanya, ”Apakah itu?” Pemuda itu menjawab, ”Bangunan di akhirat nanti.”

Selanjutnya raja sangat terkesan dengan para pemuda itu, raja tinggal bersama para pemuda  itu selama  beberapa hari. Sang raja berkata, “Semoga  keselamatan untuk kalian semua.” Kemudian pemuda itu bertanya, “Apakah baginda melihat sesuatu dari kami yang  tidak baginda  sukai.”? Raja itu menjawab, ”Tidak”. Mereka bertanya, ”Lalu mengapa baginda berbuat demikian?” Raja berkata, “Kalian telah mengetahui keadaanku yang sebenarnya, tetapi kalian tetap menghormati keadaanku yang dahulu”. Setiap orang didunia adalah seorang tamu dan uangnya adalah pinjaman. Tamu itu pastilah akan pergi, cepat atau lambat, dan pinjaman itu haruslah dikembalikan. (Ibnu Mas’ud).

Sumber : Seri Peneguh Iman Islami oleh Sugiasih, S.Si.
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Rumah Yang Selalu Kokoh Sepanjang Masa Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Rumah Yang Selalu Kokoh Sepanjang Masa Sebagai sumbernya

Kisah Nabi Lainnya