Kisah Nabi Palsu Musailamah

Dunia Nabi ~ Nabi Muhammad saw adalah Nabi dan Rasul yang terakhir yang diutus oleh Allah swt. Setelah Rasulullah saw, meninggal dunia ternyata ada yang mengaku sebagai nabi terakhir. Orang itu bernama Musailamah, dia berasal dari daerah Yaman.


Pernah suatu ketika, Amir bin ash mendatangi Musailamah. Musailamah bertanya kepada amir bin Ash. ”Apakah yang diturunkan  kepada kawanmu (Muhammad saw) itu”? Amir bin Ash menjawab, ”sesungguhnya, Tuhan telah menurunkan kepadanya sebuah surat yang ringkas, tetapi isinya sangat mendalam. ”Musailamah bertanya dengan penasaran.”Surat apakah itu?” kemudian Amir bin Ash membacakan Surat Al-Ashr.setelah mendengar surat itu, Musailamah berpikir sejenak. Kemudian dia berkata. ”Aku juga telah menerima surat yang berbunyi. ”Sesungguhnya engkau memiliki dua telinga dan dada. Semua jenis kamu suka menggali dan melubangi”. Musailamah bertanya kepada Amir bin Ash.Apa pendapatmu tentang ayat itu.”?

Amir menjawab, ”demi Allah swt, sesungguhnya engakau benar-benar seorang pendusta.” Dalam riwayat lain, Musailamah menyaingi Surat Al Fil dengan kata-kata berikut: “Gajah, apakah gajah itu? Gajah berbadan besar, bertelinga lebar, dan memiliki belalai panjang.” Ayat palsu yang dibuat Musailamah itu tidak memiliki makna yang dalam dan terlihat asal-asalan.Oleh karena itu, Musailamah diberi julukan Al-Kadzdzab yang artinya sang pendusta, sehingga namanya menjadi Musailamah Al-Kadzdzab.

Sumber : Seri Peneguh Iman Islami oleh Sugiasih, S.Si.
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Nabi Palsu Musailamah Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Nabi Palsu Musailamah Sebagai sumbernya

Kisah Nabi Lainnya