Kisah Saad bin Ubaid Sahabat Rasulullah

Dunia Nabi ~ Saad bin Ubaid adalah seorang qori yang terkenal, ia mampu mengalukan ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan merdu. Nama sebenarnya adalah Saad bin Abdullah bin Nu’man Al-Ausy.


Saad adalah seorang sahabat dari suku Aus (golongan Anshar). Pada masa itu, hanya Saad yang bergelar qori. Hal itu merupakan kebanggaan bagi kaum suku Aus. Pada Masa Rasulullah masih hidup, Saad rajin mengumpulkan Al-Qur’an, selain rajin mengumpulkan Al-Qur’an, Saad juga turut serta dalam peperangan. Ia ikut berjuang  dalam Perang Badar, Perang Uhud, dan peperangan menumpas kaum murtad.

Pada suatu ketika, Saad ikut dalam peperangan antara kaum muslim dan tentara Persia. Saat itu, seorang tentara Islam mematahkan jembatan sehingga ratusan tentara Islam terbunuh, hal itu terjadi karena salah strategi. Salah seorang yang selamat adalah Saad. Saad melarikan diri dari medan perang karena panik dan ketakutan. Sejak saat itu, Saad merasa bersalah dan jiwanya menjadi tidak tenang.

Ketika orang Islam berperang dengan tentara Persia, Saad tidak melewatkannya. Saat itu, Raja Persia memerintahkan Raja Hirah, yaitu Nu’man bin Munzir untuk menyerang umat Islam. Nu’man dan Saad bertemu di Hiratul Baidha. Saad menyeru kepada Nu’man  dan pengikutnya untuk memeluk agama Islam. Akan tetapi, Nu’man menolak seruan Saad. Akhirnya terjadilah pertempuran yang hebat antara tentara kedua belah pihak.

Tentara muslim mampu menghancurkan Nu’man dan tentaranya. Kemenangan itu dibayar sangat mahal dengan gugurnya seorang qori, yaitu Saad bin Ubaid.

Oleh Sugiasih, S.Si.
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Saad bin Ubaid Sahabat Rasulullah Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Saad bin Ubaid Sahabat Rasulullah Sebagai sumbernya

Kisah Nabi Lainnya