Kisah Nabi Muhammad dan Ajarannya

Dunia Nabi ~ Muhammad atau Mohammad atau Mohammed adalah pembawa ajaran Islam. Nabi Muhammad lahir pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah atau bertepatan dengan tanggal 20 April 570 Masehi di Mekkah.

Dalam Bahasa Arab, ‘Muhammad’ memiliki arti ‘dia yang terpuji’. Nabi Muhammad biasa dipanggil dengan gelar Rasulullah dan menambahkan kalimat ‘Sallallahu alaihi wassalam’ yang artinya ‘Semoga Allah memberi kebahagiaan dan keselamatan kepadanya’.


Muhammad diyakini sebagai Nabi yang utama dan terakhir dalam ajaran Islam. Pengakuan terhadap kenabiannya merupakan salah satu syarat untuk menjadi muslim. Dalam ajaran Islam, Nabi Muhammad diposisikan sebagai Nabi penutup dari rangkaian para Nabi-Nabi sebelumnya. Jadi, Nabi Muhammad bukanlah pembawa ajaran baru.

Sekalipun Nabi Muhammad seorang Nabi, tetapi dalam pandangan Islam, Nabi Muhammad adalah seorang manusia biasa. Meskipun demikian, setiap perkataan dan perilaku dalam kehidupan Nabi Muhammad dipercayai merupakan bentuk ideal dari seorang Muslim. Oleh karena itu, ajaran Islam mengenal istilah Hadits. Hadits adalah kumpulan perkataan (sabda), perbuatan, ketetapan maupun persetujuan Muhammad. Hadits memberi sumber hukum kedua dalam agama Islam setelah Al-Quran.

Baca juga :
Islam artinya ‘berserah diri kepada Tuhan’. Islam adalah agama yang meyakini satu Tuhan, yaitu Allah. Agama ini termasuk agama Samawi, yaitu agama-agama yang dipercaya oleh pengikutnya diturunkan dari langit dan juga termasuk golongan agama Ibrahim.

Orang-orang yang beragama Islam atau mengikuti ajaran Islam disebut Muslim, lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimah bagi perempuan. Ajaran Islam merupakan penyempurnaan dari agama-agama yang dibawa oleh Nabi-Nabi sebelumnya.

Al-Quran adalah kitab suci bagi umat Islam. Al-Quran adalah firman-firman Allah yang disampaikan oleh Allah kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril. Umat Islam sama sekali tidak meragukan hal itu. Oleh karena itu, umat Islam menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidupnya.

Umat Islam juga diajarkan untuk meyakini kitab Suci sebelum Al-Quran, seperti Taurat, Zabur, dan Injil. Namun, umat Islam juga percaya bahwa kitab-kitab suci selain Al-Quran telah mengalami perubahan yang dilakukan oleh manusia. Oleh karena itu, Al-Quran adalah satu-satunya kitab suci yang benar-benar asli.

Oleh Sugiasih, S.Si.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Nabi Muhammad dan Ajarannya Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Nabi Muhammad dan Ajarannya Sebagai sumbernya

Kisah Nabi Lainnya