Kisah Umar Bin Abdul Aziz Sebagai Khalifah

Dunia Nabi ~ Pada suatu masa, Umar bin Abdul Aziz diangkat menjadi khalifah. Ketika itu, Sulaiman bin Abdul Malik (Khalifah sebelumnya) telah meninggal. Pada suatu hari, ia naik ke mimbar dan mengatakan kepada orang-orang bahwa dirinya telah mencabut kekuasaan yang diberikan kepadanya. Oleh karena itu, ia meminta rakyatnya untuk mencari pemimpin yang lain. Namun, orang-orang bersatu padu menolak keinginan khalifah Umar. Mereka tetap menginginkan Khalifah Umar sebagai pemimpin mereka.


Kemudian, Khalifah Umar meminta seluruh fasilitas yang diberikan kepadanya sebagai Khalifah dijual. Uang hasil penjualan dimasukkan ke dalam Baitul Mal. Setelah member perintah demikian, ia pulang ke rumahnya hendak beristirahat. Namun saat sampai dirumah, anak lelaki Umar bin Abdul Aziz, Abdul Malik, mengingatkan Umar bin Abdul Aziz tentang orang-orang yang hartanya dirampas secara zalim. Mendengar perkataan anaknya, Abdul Aziz tidak jadi beristirahat. Ia segera memerintahkan kepada pelayan untuk mengumumkan bahwa orang-orang yang mengalami perlakuan zalim agar melapor kepadanya.

Beberapa lama setelah pengumuman itu, seorang lelaki tua yang bukan muslim mendatangi Khalifah Umar bin Abdul Aziz. Ia mengadukan bahwa tanah dan rumah miliknya telah dirampas oleh Abbas bin Walid bin Abdul Malik. Ia pun meminta Khalifah Umar agar membuat keputusan berdasarkan kitab Allah. Ketika itu, Abbas bin Walid bin Abdul Malik berada di samping Khalifah Umar. Kemudian, Khalifah Umar bertanya, “Wahai Abbas. Apa pendapatmu tentang hal ini ?” Abbas menjawab bahwa Khalifah sebelumnya, Al-Walid bin Abdul Malik telah memberikan tanah itu kepadanya disertai dengan surat resmi. Setelah itu, Khalifah Umar bertanya kepada lelaki tua itu, “Bagaimana pendapatmu tentang hal ini ?” Lelaki tua itu berkata, “Aku meminta keputusan berdasarkan kitab Allah”.

Mendengar perkataan lelaki tua itu, Umar berkata, “Kitab Allah lebih berhak diikuti dari pada tulisan Al-Walid bin Abdul Malik”. Khalifah Umar pun meminta Abbas mengembalikan tanah dan rumah kepada lelaki tua itu.

Perintah Allah kepada manusia untuk berlaku adil terdapat dalam beberapa ayat. Di antaranya ayat 58 Surat An-Nissa, “Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah member pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu”. Dalam Surat Al-Maidah ayat 8, Allah berfirman, “Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

Sumber : Seri Peneguh Iman Islami oleh Sugiasih, S.Si.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Umar Bin Abdul Aziz Sebagai Khalifah Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Umar Bin Abdul Aziz Sebagai Khalifah Sebagai sumbernya

Kisah Nabi Lainnya