Kisah Kehebatan Saad bin Abi Waqqash Dalam Perang

Dunia Nabi ~ Pada zaman pemerintahan Umar bin Khattab, pertempuran antara tentara muslim dan tentara Persia telah menyebabkan ribuan tentara muslim gugur. Selain itu, orang-orang Persia telah banyak melanggar perjanjian-perjanjian yang mereka sepakati. Hal itu membuat Khalifah Umar bin Khattab gelisah. Umar memutuskan untuk memimpin sendiri pasukannya untuk menumpas tentara Persia. Ia meminta wakilnya, Ali bin Abu Thalib menjadi penggantinya selama ia memimpin pasukannya.


Dengan didampingi beberapa sahabat, Umar meningggalkan Kota Madinah untuk berjuang melawan tentara Persia. Namun, perjalanan Umar dan kaum muslim terhenti di suatu tempat. Ketika itu, Abdurrahman bin Auf mengusulkan agar Khalifah Umar kembali ke Madinah. Menurut Abdurrahman bin Auf, menyia-nyiakan nyawa amirul mukminin adalah perbuatan yang salah. Setelah itu, Umar meminta kaum muslim berkumpul untuk bermusyawarah. Ali juga diminta datang ke tempat tersebut. Setelah bermusyawarah, para sahabat dan kaum muslim memutuskan agar Khalifah Umar kembali ke Kota Madinah. Untuk memimpin kaum muslim ke medan perang. Khalifah Umar harus menunjuk seseorang sebagai panglima perang.

Sejenak mereka terdiam. Tiba-tiba, Abdurrahman bin Auf berseru, “Saya telah menemukan orang yang tepat. Dia adalah singa yang telah menyembunyikan kukunya, yaitu Saad bin Malik Az-Zuhri”. Orang yang dimaksud oleh Abdurrahman adalah Saad bin Abi Waqqash. Akhirnya, Saad benar-benar menjadi panglima tentara muslim yang melawan tentara Persia.

Suatu ketika, Saad dan pasukannya telah sampai di pintu gerbang wilayah Persia, Qadisiyah. Selama masa itu, Saad terus menerus mengirim surat kepada Khalifah Umar untuk menceritakan keadaan mereka secara terperinci. Khalifah Umar membalas surat Saad yang isinya meminta Saad dan pasukannya tidak gentar serta berdoa dan bertawakal kepada Allah. Ketika itu, pasukan Persia dipimpin oleh Panglima perang mereka, yaitu Rustum. Sesuai dengan petunjuk Khalifah Umar, Saad mengirim surat kepada Rustum yang dibawa oleh beberapa orang sahabatnya. Dalam surat itu, Saad mengajak Rustum dan penduduk Persia untuk memeluk agama Islam. Namun, Rustum dan penduduk Persia menolak seruan Saad. Dengan demikian, peperangan tidak dapat dihindari.

Setelah mendapat perintah dari Khalifah Umar melalui surat untuk bertempur, Saad dan pasukannya memerangi pasukan Persia. Saat itu, tentara muslim yang jumlahnya hanya sekitar tiga ribu harus melawan tentara Persia yang jumlahnya sekitar sepuluh ribu. Sekalipun demikian, Saad dan pasukannya tidak gentar menghadapi musuh yang jumlahnya lebih banyak. Mereka melakukan semata-mata keimanan mereka terhadap Allah SWT. Saad memimpin pasukannya dengan gagah berani, sekalipun ia sedang dalam keadaan sakit. Akibatnya, bisul-bisul yang ada di sekujur tubuhnya pecah. Dengan kegigihan Saad dan pasukannya, mereka berhasil menghalau tentara Persia.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Kehebatan Saad bin Abi Waqqash Dalam Perang Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Kehebatan Saad bin Abi Waqqash Dalam Perang Sebagai sumbernya

0 Response to "Kisah Kehebatan Saad bin Abi Waqqash Dalam Perang"

Post a Comment

Kisah Nabi Lainnya