Kisah Singkat Zaid Bin Tsabit Penulis Wahyu

Dunia Nabi ~ Saat Rasulullah SAW berhijrah ke Madinah, Zaid bin Tsabit baru berumur 11 tahun. Zaid bin Tsabit adalah orang dari golongan Anshar di Madinah. Selain pejuang dalam peperangan, Zaid bin Tsabit adalah seorang yang pandai. Ia banyak mempelajari berbagai ilmu. Ia juga penghafal Al-Quran dan penulis wahyu.


Pada suatu masa, terjadilah pertempuran Yamamah. Saat itu, Rasulullah telah wafat. Pada pertempuran itu, banyak pembaca dan penghafal Al-Quran yang terbunuh. Umar merasa khawatir dengan keadaan yang demikian. Ia pun berkonsultasi dengan Abu Bakar dan para sahabat lainnya. Akhirnya, mereka memutuskan untuk menyusun ayat dan surat Al-Quran. Tugas itu diberikan kepada Zaid bin Tsabit.

Zaid bin Tsabit mulai mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran dari para penghafal Al-Quran dan dari tulisan-tulisan Al-Quran pada zaman Rasulullah. Ia dibantu oleh sahabat-sahabat yang lain. Tugas ini merupakan tugas yang amat berat bagi Zaid bin Tsabit. Dengan izin Allah SWT, Zaid bin Tsabit berhasil menyusun Al-Quran dengan rapi.

Dalam surat Al-Hijr ayat 9, Allah menjaga Al-Quran hingga terjamin kesucian dan kemurniannya. “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Quran, dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya” (QS. Al-Hijr : 9).

loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Kisah Singkat Zaid Bin Tsabit Penulis Wahyu Silahkan baca artikel Dunia Nabi Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kisah Singkat Zaid Bin Tsabit Penulis Wahyu Sebagai sumbernya

Kisah Nabi Lainnya